Sabtu, 16 Mei 2009

Animal Week 2009 Report


Respect Nature and Wildlife, Love Animal

ProFauna Indonesia selama ini berusaha melakukan banyak hal dalam upaya pelestarian alam dan satwa liar. P-WEC (Petungsewu Wildlife Education Center) sebagai bagian dari ProFauna yang mengambil jalur soft campaign yaitu pendidikan juga berupaya melakukan hal yang sama. Berlatar-belakang hal tersebut maka P-WEC membuat sebuah event sebagai bentuk public awareness yang dinamakan Animal Week. 

Animal Week 2009 adalah kali kedua setelah penyelenggaraan pertama tahun 2008 lalu. Dengan latar belakang bahwa anak adalah generasi penerus yang berpotensi untuk membantu upaya pelestarian alam dan satwa liar maka Animal Week tahun 2009 ini mengambil tema besar: “Respect Nature and Wildlife, Love Animal”.

Seiring perkembangan zaman, anak-anak masa kini sudah sangat jarang sekali berinteraksi dengan alam. Permainan yang dahulu memanfaatkan alam sebagai media seperti jaranan dari batang daun pisang atau mobil-mobilan dari kulit buah, kini telah digusur oleh permainan modern seperti play station, PSP dan lain sebagainya sehingga untuk memunculkan nilai kepedulian terhadap alam dan satwa liar dinilai masih sangat rendah.

Animal Week 2009 yang dilaksanakan antara tanggal 25-29 Maret 2009 di P-WEC kali ini, didesain dengan beberapa agenda acara lomba baik untuk anak-anak, guru maupun edukator. Sementara itu, juga dilakukan diskusi terbuka mengenai peran keluarga dalam pendidikan anak tentang pelestarian alam dan satwa liar.

Event ini sendiri dilakukan di P-WEC, lokasi yang masih memiliki kondisi alami dan nuansa pengunungan yang sejuk. Harapannya  peserta Animal Week yang terdiri dari anak-anak maupun orang dewasa yang sudah lama tidak berinteraksi dengan alam dapat merasakan keindahan alam. Dengan pengalaman mereka datang ke P-WEC harapannya mampu memunculkan kepedulian untuk menghargai alam dan satwa liar dan menumbuhkan rasa cinta terhadap satwa.

Momen Animal Week yang dibuat P-WEC dan ProFauna ini dimaksudkan untuk menambah spirit masyarakat untuk lebih mencintai alam. Oleh karena itu, spirit  yang dibawa dalam beberapa lomba di Animal week seperti lomba menggambar, lomba mewarnai dan lomba bercerita satwa  tidak hanya membawa spirit kompetisi dan euphoria saja tetapi sebenarnya memberi pemahaman bagaimana manusia harus berbagi kasih tidak hanya dengan sesama, namun juga dengan alam sehingga memunculkan rasa cinta terhadap alam dan satwa liar.(AY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar