Sabtu, 16 Mei 2009

Mengisi Liburan dengan Sekolah di Alam


Pagi sekali belasan anak dari SD Unggulan Al-Ya'lu datang ke P-WEC untuk melakukan Outdoor Education (24/01). Sekumpulan anak-anak berprestasi ini datang ke P-WEC mengisi waktu liburan sekolah dengan bermain dan belajar tentang alam dan satwa liar.

Bagi anak-anak di perkotaan suasana alami di P-WEC yang berada di lereng pegunungan memang menjadi hal yang  menarik. Selain itu mereka dapat menikmati kicauan burung, juga tupai yang berkeliaran bebas di P-WEC.

Sebelum bermain, anak-anak SD Unggulan Al-Ya'lu ini ditunjukkan keindahan hutan dan berbagai manfaatnya bagi manusia maupun bagi satwa melalui pemutaran film tentang alam. Setelah itu mereka diajak bermain mengenali berbagai jenis pohon yang ada di P-WEC. Pohon yang ada di P-WEC sebagian memang ditanam untuk media pembelajaran. Selain itu juga sebagai tempat hidup berbagai burung, serangga dan tupai.

Berawal dari game tentang pohon ini, mereka dikenalkan keanekaragaman pohon dan peranan pohon bagi kehidupan manusia, satwa dan lingkungan sekitar. Karena hujan turun beberapa permainan dilakukan di dalam ruangan. Tanpa mengurangi keasyikan bermain, kali ini peserta diajak bermain untuk memahami hubungan interaksi antar makhluk hidup di alam.

Seakan tidak mengenal lelah, anak-anak SD ini selalu semangat beraktivitas selama program Wildlife and Nature Education ini. Mereka diajak belajar untuk menghargai keanekaragaman apapun di alam. Dengan harapan nilai-nilai positif yang dapat di P-WEC mampu menumbuhkan sikap cinta terhadap alam dan satwa liar dengan membiarkan semua berjalan alami berada di alamnya masing-masing.

SD Unggulan Al-Ya'lu, tak hanya unggul dalam prestasi, namun juga unggul dalam menghargai alam dan satwa.(AY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar